21.07
0
Akhir minggu kemarin saya sudah mendownload file dengan format iso Ubuntu-12.10 (Quantal Quetzal) versi desktop dan server dari release.ubuntu.com/12.10/, kemudian saya mau burning file iso tersebut ke cd atau dvd sesuai dengan kapasitas dari file tersebut. Untuk file Ubuntu-12.10-desktop-i386.iso memiliki kapasitas 753 MB dan file Ubuntu-12.10-server-i386.iso memiliki kapasitas 672 MB.
Saya tulis di sini bagaiamana cara burning file iso ke cd/dvd pakai nero dengan maksud supaya saya tidak lupa ketika di kemudian hari saya mau memburning kembali file iso yang lainnya. Untuk saat ini saya mau burning file iso dari Ubuntu-12.10-server-i386.iso dengan kapasitas 672 MB ke cd dengan menggunakan aplikasi Nero-7.0 di sistem operasi windows 7.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka Aplikasi Nero


  2. Pada drive record rubah dari “image Recorder” ke drive cd yang mau di pakai.
    burning file iso 2

  3. Lalu pada menu atas pilih dan klik Recoder dan pilih Burn Image.
    burning file iso 3

  4. Pilih file iso-nya dan klik open.
    burning file iso 4

  5. Pada jendela Burn Compilation, untuk setting writing saya pilih 16x lalu klik Burn.
    burning file iso 5

  6. Maka akan tampil jendela proses burning, tunggu sampe burning selesai.
    burning file iso 6

  7. Proses cara burning file iso ke cd sudah selesai.
    burning file iso 7

0 komentar:

Posting Komentar