1. Finlandia
Finlandia sebagai negara dengan
system pendidikan termaju di dunia tidak mengenal yang namanya Ujian
Nasional. Evaluasi mutu pendidikan sepenuhnya dipercayakan kepada para
guru sehingga negara berkewajiban melatih dan mendidik guru guru agar
bisa melaksanakan evaluasi yang berkualitas. Setiap akhir semester siswa
menerima laporan pendidikan berdasarkan evaluasi yang sifatnya personal
dengan tidak membandingkan atau melabel para siswa dengan peringkat
juara seperti yang telah menjadi tradisi pendidikan kita. Mereka sangat
meyakini bahwa setiap individu adalah unik dan memiliki kemampuan yang
berbeda beda.
Di Finlandia profesi guru adalah profesi yang paling terhormat. Dokter justru berada dibawah peringkat guru.
2. Amerika

Amerika yang terdiri dari banyak negara bagian ternyata tidak pernah menyelenggarakan UN atau ujian negara secara nasional.
Walaupun
ada ujian yang diselenggarakan oleh masing-masing state (negara
bagian), namun tidak semua sekolah diwajibkan mengikuti ujian negara
bagian. Tiap negara bagian juga mempunyai materi ujian-masing masing.
Sekolah-sekolah tetap boleh menyelenggarakan ujian sendiri dan menentukan kelulusannya sendiri..
Semua
lulusan, baik lulusan yang disenggarakan oleh sekolahnya sendiri atau
lulus ujian yang diselenggarakan negara bagian, tetap boleh mengikuti
ujian mauk ke college ataupun universitas asal memenuhi persyaratan dan
lulus tes masuk.
Logika pendidikan yang digunakan yaitu: Kualitas
pendidikan ditentukan oleh individu masing-masing kelulusan. Walaupun Si
A lulusan dari SMA pinggiran yang tidak terkenal, kalau dia lulus tes
masuk ke Universitas Harvard, maka diapun akan diterima di universitas
tersebut.Jadi masalah kualitas ditentukan oleh individu (individual
quality).
Pakar pendidikan dari Columbia University, Linda Hammond (1994)
Berpendapat
bahwa nasionalisasi ujian sekolah tidak bisa memberi kreativitas guru.
Sekolah tidak bisa menciptakan strategi belajar sesuai dengan perbedaan
kondisi sosial, ekonomi, budaya, serta kemajuan teknologi. Sistem
pendidikan top down oriented, tak bisa menjawab masalah yang ada di
daerah-daerah berbeda.
3. Jerman
Jerman tidak mengenal ujian
nasional. Kebijaksanaan yang diutamakan adalah membantu setiap peserta
didik dapat berkembang secara optimal, yaitu dengan:
(1) menyediakan guru yang profesional, yang seluruh waktunya dicurahkan untuk menjadi
pendidik;
(2)
menyediakan fasilitas sekolah yang memungkinkan peserta didik dapat
belajar dengan penuh kegembiraan dengan fasilitas olahraga dan ruang
bermain yang memadai dan ruang kerja guru;
(3) menyediakan media
pembelajaran yang kaya, yang memungkinkan peserta didik dapat secara
terus-menerus belajar melalui membaca buku wajib, buku rujukan, dan buku
bacaan, (termasuk novel), serta kelengkapan laboratorium dan
perpustakaan yang memungkinkan peserta didik belajar sampai tingkatan
menikmati belajar;
(4) evaluasi yang terus-menerus, komprehensif dan obyektif.
Melalui model pembelajaran yang seperti inilah, yaitu peserta didik setiap saat dinilai tingkah lakunya,
kesungguhan
belajarnya, hasil belajarnya, kemampuan intelektual, partisipasinya
dalam belajar yang menjadikan sekolah di Jerman mampu menghasilkan
rakyat yang beretos kerja tinggi, peduli mutu, dan gemar belajar.
Mereka setiap hari belajar selalu
mendapat tugas dari semua mata pelajaran yang proses maupun hasilnya
dinilai dan nilai-nilai ini memengaruhi nilai akhir semester dan
seterusnya.
4. Kanada
Di Kanada tidak ada Ujian Nasional
karena dianggap tak bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di negara iti.
Untuk kontrol kualitas di Kanada terdapat penjaminan mutu pendidikan
yang kontrolnya sangat kuat. Lembaga penjamin mutu ini benar-benar
bekerja secara ketat dari pendidikan dasar hingga menengah. Sehinga
murid yang akan masuk ke perguruan tinggi cukup dengan rapor terakhir.
Di
Kanada, perguruan tinggi tidak sulit lagi untuk menerima murid darimana
pun sekolahnya. Karena standar sekolah di sana sudah sesuai dengan
standar perguruan tinggi yang akan dimasuki setiap lulusan sekolah.
Kebalikan dengan di Indonesia,
perguruan tinggi banyak yang tidak percaya dengan lulusan sekolah
menengah. Saling tidak percaya standar ini yang menyebabkan pemborosan
keuangan negara karena harus menyelenggarakan UN dan ujian mandiri.
5. Australia
Di Negara Australia ini, ujian
nasional tidak dilaksanakan bahkan tidak dikenal sama sekali, melainkan
ujian state. Ujian ini tidak menentukan lulus tidaknya para peserta
didik, namun untuk menentukan kemana siswa tersebut akan melanjutkan
pendidikan. Berapapun nilai yang didapatkan oleh siswa dari ujian
tersebut tetap dinyatakan lulus. Nilai nol pun tetap dinyatakan lulus,
namun kelulusan tersebut tidak ada gunanya. Berarti siswa tersebut akan
sangat sulit untuk melanjutkan pendidikannya.
0 komentar:
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.