17.45
0
Inikah Hacker Termuda di Dunia?
Wang - Hacker umur 13 tahun - Image: Weibo
Disebut sebagai hacker termuda di Tiongkok paling tidaknya, Wang Zhengyang, 13 tahun, seorang murid SMP, ingin dianggap sebagai seorang hacker yang melakukannya untuk kebaikan, seperti yang dilansir oleh Shenzhen Daily.
Pada sebuah konferensi keamanan Internet di Beijing, anak ini membuat para pengunjung terkagum karena usianya yang sangat muda diantara para professional top.
Wang mulai main Internet 5 tahun yang lalu, pada umur 8 tahun. Dia mengatakan bahwa pertamanya dia main Happy Farm selama 6 bulan, dimana dia bisa mencolong sayur-sayuran dari orang lain, tetapi lalu dia bosan. Dia belajar programming sendirian, dan langsung bisa menulis program dengan naluri.
Ayahnya yang melihat anaknya suka programming, membelikannya sebuah laptop canggih. 5 tahun kemudian, keyboard laptopnya sudah jebol!
Wang mengatakan bahwa dia hanya menjadi hacker untuk menemukan kelemahan-kelemahan situs, bukan untuk cari gara-gara. Tetapi, selain nge-hack situs sekolahnya, Wang juga nge-hack sebuah toko online dan merubah harga barang-barang disitu dari 2500 Yuan menjadi 1 Yuan. Dilaporkan Wang tidak menggunakan kesempatan itu untuk membeli barang tersebut dengan harga sangat murah, dan juga menghubungi situs itu untuk memberitahukan kelemahan situsnya.
“Saya rasa orang-orang yang nge-hack setiap hari untuk keuntungan itu tidak bermoral,” kata Wang di konferensi keamanan Internet itu. “Memang menarik untuk melihat keamanan situs dan risiko risikonya, dan saya sangat senang bila saya menemukan sesuatu. Tetapi saya tidak akan menggunakan bakat saya untuk sesuatu yang melanggar hukum.”
Menurut Wantchinatimes.com, Wang juga menghubungi Qihoo 360 Technology, perusahaan piranti lunak di Beijing, tentang kelemahan sistemnya yang bisa mempengaruhi lebih dari 100 institusi pendidikan di Tiongkok. Surat kabar Tiongkok ini memang mengatakan Wang ingin dikenal sebagai “white hat”, seorang yang melakukan “hacking” untuk kebaikan.
Wang Zhengyang - Photo: Xinhua
Wang Zhengyang – Photo: Xinhua
Wang sekarang bekerja dengan Universitas Tsinghua di Beijing.

0 komentar:

Posting Komentar